Sabtu, 24 November 2012

ASPEK PENALARAN DALAM KARANGAN


Contoh paragraf Generalisasi ( umum )
Bagi orang-orang yang ingin menjadi seorang akuntan terlebih dahulu mereka harus lulus pendidikan dalam bidang ekonomi khususnya jurusan akuntansi. Selain itu mereka juga bias mengikuti sertifikasi dari lembaga pendidikan terkait, missal kursus. Banyak profesi yang bias dipilih salah stunya sebagai akuntan pajak. Tugas seorang akuntan pajak ialah menghitung pajak yang harus dibayar oleh para Wajib Pajak.  


Contoh paragraf Analogi
BBM merupakan salah satu kebutuhan pokok sama hal nya dengan beras yang juga merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Kedua kebutuhan itu ibarat elemen penting  yang tidak dapat terpisahkan dari keseharian masyarakat. Kenaikan harga terhadap kedua kebutuhan tersebut akan sangat dirasakan oleh masyarakat luas khususnya bagi kalangan menengah kebawah.


Contoh paragraf Kausalitas ( sebab – akibat )
Pajak merupakan salah satu pemasukan terbesar bagi kas Negara. Pemasukan pajak akan akan digunakan untuk pembangunan atau perbaikan jalan, jembatan, rumah sakit, pembayaran hutang Negara, gaji pegawai negri, dll. Oleh karena itu masyarakat diwajibkan membayar pajak karena dengan membayar pajak kita semua bisa menikmati fasilitas umum yang dibangun oleh pemerintah dari hasil pemungutan pajak tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar